Latest News

Ketenangan & Kreativitas

KETENANGAN & KREATIVITAS


Ada dongeng lucu ketika seorang mahasiswa mempertahankan skripsinya dalam sidang di hadapan dewan penguji. Karena sering tidak bisa menjawab pertanyaan yang ditanyakan kepadanya, salah seorang dosen penguji iseng bertanya kepadanya, apa judul penelitiannya. Herannya, sang mahasiswa juga tidak bisa menjawab pertanyaan sederhana ini.

Logikanya, lantaran skripsi itu ia yang membuatnya, susah diterima kebijaksanaan kalau ia tidak hafal judulnya. Menyadari apa yang sedang terjadi, sang dosen melanjutkan dengan menanyakan nama sang mahasiswa. Ternyata ia juga tidak bisa menjawabnya. 

Apa bahwasanya yang terjadi?

Sebenarnya ini yakni bencana masuk akal yang sering terjadi pada diri manusia. Ketika panik, kita seringkali tidak bisa mengingat bahkan hal yang sederhana sekalipun.

Perkenankan saya bercerita perihal struktur dasar otak manusia. Manusia mempunyai 3 kepingan utama otak, yaitu batang otak, Limbik dan Korteks.

Batang otak disebut sebut sebagai otak reptil.  Otak ini dikenal sebagai sang penjaga lantaran mempunyai reflek yang luar biasa. Bagian otak inilah yang memperlihatkan perintah semoga kita bergerak dengan cepat untuk melindungi diri kita dalam ancaman dengan respon lawan atau lari.

Otak limbik dikenal sebagai otak mamalia. Salah satu fungsi dari sistem limbic yakni mengatur Emosi kita. Dalam sistem limbic terdapat kepingan otak yang berjulukan Hipotalamus yang berfungsi untuk tetapkan mana yang perlu mendapatkan perhatian, dan mana yang tidak. Sebagai pola jikalau anda menyukai seseorang, maka anda akan lebih gampang mengingatnya, demikian pula jikalau anda membenci seseorang, anda juga akan selalu mengingatnya.

Korteks yakni kepingan otak logis kita, di mana kita bisa berpikir, memutuskan, merencanakan dan mengendalikan diri kita. Dengan otak inilah kita bisa menjadi insan yang mempunyai budaya dan peradaban. Karena cara berpikirnya logis dan linier, untuk mengambil keputusan selalu dilakukan analisis yang urut , terstruktur dan bertahap. Akibatnya, reaksinya menjadi tidak secepat gerak reflek yang dikendalikan oleh batang otak kita. Itulah sebabnya kepingan otak ini sangat tidak efektif jikalau dipakai untuk menyelamatkan diri dari bahaya.

Ketika otak mendapatkan rangsangan yang ditafsirkan sebagai bahaya, maka segera isu itu diteruskan ke Amygdala untuk menciptalan kondisi Faight or Flight, lawan atau lari. Caranya yakni dengan memicu keluarnya hormon adrenalin dari kelenjar Adrenalin. Fungsi hormon adrenalin yakni untuk memicu keluarnya energi gula dari lemak ke hati. Energi ini dipakai oleh paru paru untuk memompa lebih keras lagi untuk memperbanyak pasokan oksigen semoga badan mempunyai energi yang besar.

Jantung juga akan berdetak lebih kencang lagi untuk memastikan energi yang ada dalam darah akan hingga ke otot, yang akan dipakai untuk “melawan atau lari”.

Pada ketika yang sama, sistem otak akan berusaha untuk menghambat kinerja dari Korteks prefontal, yaitu kepingan dari korteks yang mempunyai kekuatan kehendak dan pengambilan keputusan. Kinerja Korteks prefrontal tidak boleh dan kendali dialihkan kepada otak reptil yang mempunyai reflek yang lebih cepat ketika menghadapi bahaya.

Ketika kendali diambil alih oleh otak Reptil, maka kita menjadi tidak logis dan tidak rasional. Itulah sebabnya ketika dalam kondisi marah, takut atau panik, orang sering tidak terkendali dan melaksanakan hal hal ekstrim yang mustahil dilakukan dalam kondisi normal. Itulah sebabnya Ketika panik, ibarat yang dialami oleh mahasiswa dalam dongeng saya di atas, seringkali orang menjadi lupa perihal banyak hal, termasuk lupa dengan namanya sendiri.

PENTING UNTUK TETAP TENANG

Itulah sebabnya, perlu bagi kita untuk mempertahankan ketenangan dalam menghadapi segala problema kehidupan. Karena ketika anda dalam keadaan emosi yang berlebihan,anda menjadi tidak bisa mengambil keputusan secara rasional.

Selain menciptakan anda lebih besar lengan berkuasa dalam mengendalikan diri, perilaku damai juga memicu kreativitas anda. Dan kreativitas sangat membantu sukses anda dalam pekerjaan, bisnis, dan hal hal lain yang sangatpenting bagi kehidupan anda.

Semoga bermanfaat

Handoyoputro




0 Response to "Ketenangan & Kreativitas"