Latest News

Hypnosis Dan Pemberdayaan Diri

HYPNOSIS DAN PEMBERDAYAAN DIRI 



Pada suatu hari, dalam suatu sesi hypnosis panggung, seorang partisipan dibimbing untuk memasuki kondisi trance hypnosis yang dalam.  Kemudian disugestikan bahwa dia tidak bisa melihat pintu yang ada di ruangan. Singkat cerita, selanjutnya dia diminta untuk ke luar ruangan untuk menemui seseorang yang berada di luar ruangan.

Karena dia masih ingat di mana letak pintu keluar, maka dia segera menuju ke daerah di mana pintu itu berada. Tetapi kesadarannya tidak bisa menemukan pintu itu, ketika berada di sana. Tentu saja hal itu membuatnya bingung. Sekeras apapun usahanya, dia tetap tidak bisa menemukannya. Karena ada sistem di bawah sadarnya, yang menghalanginya untuk melihat pintu.

Partisipan mengalami fenomena hypnotic yang dikenal dengan  Positive Visual Hallucination. Positive visual hallusination hanya bisa terjadi pada level 29 skala Davis – Husband. 

David – Husband ialah salah satu skala yang dikenal untuk mengukur kedalaman hypnosis. Skala ini terdiri dari 30 level. Dimulai dari kondisi hypnosis ringan yaitu relaksasi, hingga level 30 untuk kondisi hynosis yang paling dalam yaitu hyperethestia.

Banyak di antara kita yang menduga bahwa dalam kondisi trance hypnosis, orang menjadi “tidak sadar”. Padahal dalam kondisi trance hypnosis, seseorang justru berada dalam kondisi kesadaran yang sangat tinggi. Tetapi kesadaran yang sangat fokus kepada apa yang disugestikan kepadanya. 

Kondisinya menyerupai ketika anda sedang asyik  menonton film di televisi, sehingga tidak mendengar ketika ada tamu yang mengetuk pintu rumah anda. Pikiraan anda pada ketika itu hanya fokus tertuju pada film yang anda tonton, dan tidak mempedulikan bunyi suara lain, termasuk bunyi ketukan pintu dari tamu yang tiba itu.

SAAT YANG TEPAT UTUK MEMASUKKAN SUGESTI

Kondisi hypnosis ialah ketika yang sempurna untuk memasukkan saran atau melaksanakan persuasi pada seseorang. Karena dalam konsisi trance hypnosis, pikiran sadar seseorang yang sangat kritis menjadi tidak berfungsi.

Kondisi ini dimanfaatkan beberapa produsen untuk “menyisipkan” produknya secara sepintas dalam film yang anda tonton. Akibatnya, ketika berada di sebuah swalayan, anda menjadi lebih “aware” atau sadar akan keberadaan produk itu. Hasilnya adalah, peningkatan penjualan pada produk tersebut.

CARA MEMPENGARUHI BAWAH SADAR ANDA

Banyak cara untuk menyentuh bawah sadar. Hipnosis konvensional dalam kasus hupnosis panggung di atas hanya salah satu cara saja. Dan tentu saja itu ialah cara yang sangat konyol untuk berkomunikasi. Tidak mungkin anda melaksanakan komunikasi normal menyerupai itu bukan?  

Coba saja anda bayangkan ketika ada orang yang bangkit di hadapan anda. Kemudian dia mengatakan, tatap mata saya..... Pasti anda akan menduga dia orang yang gres saja lolos dari penjagaan di Rumah Sakit jiwa J

Cerita ihwal hypnosis panggung di atas saya maksudkan untuk membuktikan, bahwa bawah sadar anda bisa dipengaruhi dengan cara tertentu.  Dan ini ialah celah di mana anda bisa menghipnotis bawah sadar anda sendiri untuk meningkkatkan keahlian di bidang tertentu.

ADA BAGIAN DIRI YANG MENGHAMBAT

Anda tentu mengenal istilah kendala mental atau mental block. Mental block terjadi alasannya bawah sadar anda mempercayai sesuatu yang menciptakan anda menjadi tidak efektif di bidang tertentu.

Salah satu kendala mental yang sering terjadi ialah pada ketika ada bab dari diri anda, yang ada di bawah sadar, yang  percaya bahwa anda tidak bisa melaksanakan sesuatu, atau tidak mempunyai kemampuan tertentu.

Contohnya ialah ketika ada seorang anak yang merasa tidak bisa matematika. Akibatnya, maka dia akan sulit untuk memahami matematika, walaupun sudah berusaha. Seperti partisipan dalam sesi hypnosis pangggung di atas, yang tidak bisa menemukan pintu yang “diyakini” bawah sadarnya untuk tidak kelihatan oleh matanya. Keyakinan si anak juga akan membuatnya kesulitan untuk menemukan pemahaman ihwal matematika.

Penulis mengalami kasus ini ketika masih SD (Sekolah Dasar). Sampai kelas 3, penulis sering takut ketika kenaikan kelas, alasannya ada beberapa pelajaran yang tidak bisa penulis ikuti dengan baik.

Pada kelas 4, guru kelas kami, yaitu Bp Nurkholis cukup bersahabat dengan penulis. Mungkin ini ialah strateginya untuk mendidik muridnya.

Pada suatu hari, dia berkata bahwa saya ialah murid yang akil dan gampang memahami apa yang dia katakan.

Ketika ada lomba cerdas cermat antar SD, salah satu sobat saya yang paling pintar, ditunjuk untuk mengikutinya. Dan bapak guru meminta penulis untuk membantu sobat itu. Tentu saja penulis merasa tersanjung alasannya dianggap sebagai salah satu murid yang pintar.

Rupanya Bapak Guru saya itu berhasil meyakinkan, sehingga pemulis berubah dari anak yang tidak suka matematika dan IPA, menjadi murid dengan nilai 9 di kedua mata pelajaran itu. Dengan membongkar keyakinan akan keterbatasan yang ada dalam pikiran bawah sadar, dia menciptakan kemampuan penulis di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, meningkat dalam waktu yang singkat.

APA YANG ANDA PERCAYAI SAMPAI LEVEL BAWAH SADAR AKAN MEWUJUD

Banyak hebat yang percaya bahwa, apapun yang kita percayai di level bawah sadar akan mewujud.  Dan itu pula yang akan terjadi kalau anda merasa tidak bisa.  Jika anda merasa tidak bisa melakukannya, maka sistem yang ada di bawah sadar akan menciptakan anda untuk tidak bisa malakukannya.

Jadi... Lebih baik anda melepaskan semua  keterbatasan yang ada dalam pikiran anda. Melepas keterbatasan itu dari pikiran akan menciptakan anda lebih berdaya.


Handoyoputro
Joybiz
Joybiz Indonesia






0 Response to "Hypnosis Dan Pemberdayaan Diri"