Latest News

Believe & Sukses Anda

BELIEVE & SUKSES ANDA



Banyak orang yang sering mengeluh, atau pesimis. Apa kata yang sering diucapkan? 

Susah dong... 
Mana mungkin...
Tentu saja dia bisa, karena....

Tahukah anda bahwa kata kata bisa menghambat sukses anda?

Suatu ketika, dalam adegan hypnosis panggung, seorang partisipan dibawa memasuki kondisi trance hypnosis yang dalam. Kepadanya disugestikan, biar dia tidak akan bisa melihat pintu yang ada di ruangan. Selanjutnya dia diminta ke luar ruangan untuk menemui seseorang.

Dalam kondisi trance hypnosis, partisipan tersebut masih ingat di mana letak pintu keluar. Itulah sebabnya dia segera menuju ke pintu keluar. Tetapi dia tidak menemukan pintu itu, ketika berada di sana. Tentu saja dia menjadi bingung. Karena apapun usahanya, dia tetap tidak bisa menemukan pintu keluar. Karena kepercayaanya,sistem di bawah sadarnya menghalanginya untuk melihat pintu.

Dalam hal ini, partisipan mengalami suatu fenomena hypnotic yang dikenal dengan  Positive Visual Hallucination. Positive visual hallusination hanya bisa dialami ketika seseorang mengalami trance hypnosis pada level 29 skala Davis – Husband. 

Skala David – Husband merupakan satu skala yang sering dipakai untuk mengukur kedalaman hypnosis. Skala  David – Husband terdiri dari 30 level. Level yang paling rendah ialah hypnosis ringan yaitu relaksasi, dan yang paling tinggi ialah level 30 untuk kondisi hynosis yang paling dalam yaitu hyperethestia.

Banyak orang yang salah sangka, bahwa ketika dalam kondisi trance hypnosis, seseorang menjadi “tidak sadar” atau tidur. Padahal dalam kondisi ini, orang justru berada dalam kesadaran yang sangat tinggi. Tetapi kesadaran yang sangat fokus pada satu hal. Dalam hal ini, dia fokus kepada apa yang disugestikan kepadanya. 

Kondisinya trace hypnosis bahu-membahu sering kita alami sehari hari. Contohnya adala ketika anda sedang asyik  menonton film cantik di televisi. Ketika sedang asyik menonton film yang cantik itu, sering kali anda tidak mendengar ketika ada tamu yang mengetuk pintu rumah anda. Hal itu disebabkan lantaran pikiraan anda hanya fokus pada film yang sedang anda tonton, dan tidak meyadari adanya bunyi suara dan fenomena lain yang ada di sekitar anda.

SAAT YANG TEPAT UTUK MEMASUKKAN SARAN PADA SESEORANG

Kondisi trance hypnosis ialah dikala yang paling sempurna bagi kita untuk memperlihatkan saran atau melaksanakan persuasi pada seseorang biar dia melaksanakan sesuatu yang kita kehendaki. Karena dalam konsisi trance hypnosis, pikiran sadar seseorang yang sangat kritis menjadi tidak aktif.

Itulah sebabnya kondisi trance hypnosis sering dimanfaatkan  produsen untuk “menyisipkan” iklan produknya secara sepintas dalam sebuah film yang lalu anda tonton. Akibatnya, ketika berada di sebuah swalayan, anda menjadi lebih “aware” atau menyadari keberadaan produk itu. Hasilnya adalah, anda cenderung ingin membelinya.

CARA MEMPENGARUHI BAWAH SADAR ANDA

Sebenarnya banyak cara untuk menyentuh bawah sadar seseorang. Hypnosis panggung di atas hanya salah satu cara saja. Dan itu cara yang paling konyol untuk berkomunikasi. Karena tidak mungkin anda melaksanakan komunikasi normal menyerupai itu bukan?  

Coba bayangkan ketika ada orang di hadapan anda, dan datang tiba mengatakan, tatap mata saya.....  Anda niscaya akan mengiranya dia orang asing 😊

Cerita aku wacana salah satu sesi hypnosis panggung di atas aku maksudkan untuk membuktikan, bahwa pikiran bawah sadar anda bisa diterobos dan dipengaruhi dengan cara tertentu. 

Artinya, anda juga bisa mempengaruhi bawah sadar anda sendiri untuk meningkatkan kemampuan keahlian di bidang tertentu, serta mengurangi kendala mental yang menghalangi sukses anda.

ADA BAGIAN DIRI YANG MENGHAMBAT SUKSES ANDA

Anda mungkin sudah mengenal istilah kendala mental atau mental block. Mental block bisa terjadi lantaran bawah sadar anda mempercayai sesuatu hal, yang menciptakan anda menjadi tidak efektif di bidang tertentu.

Salah satu kendala mental yang paling sering terjadi ialah adanya rasa “tidak mampu” untuk bisa melaksanakan sesuatu. Dan ketika anda merasa tidak bisa maka anda akan benar benar tidak bisa. Ini yang dikenal dengan sebagai SELF FULFILLING PROPHERCY. Yaitu ramalan wacana diri anda sendiri yang akan terbukti.

Contohnya ialah ketika seorang anak merasa tidak bisa matematika.  Maka dia akan benar benar kesulitan untuk memahami matematika. Sekeras apapun usahanya, dia akan tetap susah untuk memahami matematika. Kondisi ini menyerupai partisipan dalam sesi hypnosis pangggung yang aku ceritakan di atas. Seseorang tidak bisa menemukan pintu lantaran bawah sadarnya “yakin” bahwa dia tidak bisa melihat pintu.

Saya sendiri mengalami kasus ini ketika masih SD (Sekolah Dasar).  Sampai kelas 3, aku sering tidak percaya diri dikala kenaikan kelas, lantaran ada beberapa mata pelajaran yang tidak aku pahami dengan baik.

Ketika sudah kelas 4, guru kelas kami, yaitu Bp Nurkholis cukup akrab dengan saya. Mungkin ini ialah salah satu strateginya untuk mendidik muridnya.

Pada suatu hari, dia menyampaikan sesuatu yang merubah paradigma saya. Beliau menyampaikan bahwa aku ialah salah satu murid yang cendekia dan gampang memahami apa yang dia katakan.

Pada suatu ketika, ada lomba cerdas cermat antar SD. Salah teman yang paling cendekia diantara kami, ditunjuk untuk mengikutinya. Dan bapak guru meminta penulis untuk membantu teman itu. Saat itu aku merasa “tersanjung” lantaran dianggap salah satu murid yang pintar.

Rupanya Pak Nurkholis berhasil meyakinkan aku sampai ke level bawah sadar. Saya yang sebelumnya merasa tidak bisa memahami IPA dan Matematika berkembang menjadi sangat suka dan mendapat nilai 9 baik di rapot maupun STTB.

Dengan membongkar batasan batasan yang ada dalam pikiran bawah sadar, seorang guru yang masih aku kagumi sampai sekarang, bisa merubah kemampuan muridnya.

APA YANG ANDA PERCAYAI SAMPAI LEVEL BAWAH SADAR AKAN MEWUJUD

Jadi apapun yang kita percayai di level bawah sadar akan mewujud.  Dan itu pula yang akan terjadi kalau anda merasa tidak bisa.  Jika anda merasa tidak bisa, maka sistem yang ada di bawah sadar akan menciptakan anda tidak bisa.

Jadi mulai kini hindari kata susah, sulit, tidak mungkin, kecil kemungkinan, tidak ada harapan, mustahil, mana mungkin, tidak bisa, dll. Jangan jadikan materi dalam self talk anda, lantaran ada ribuan self talk anda dalam sehari saja. Jangan jadikan materi untuk sebagian besar pemikiran anda. Dan jangan jadikan materi dalam metafora anda yang berkaitan dengan sukses anda.

Apa yang anda jadikan pemikiran sehari hari, self talk, fokus, dan metafora anda akan mengendap di bawah sadar anda, membentuk sistem believe yang kokoh. Akan menjadi sistem kepercayaan yang ada dalam diri anda. Lebih baik anda menjaganya biar believe anda tetap nyata dan mendukung sukses anda.

Karena apa yang anda percayai sampai level bawah sadar akan  mewujud.

Your Believe is your Projection.

Semoga bermanfaat
Handoyoputro, LP-NLP, C.Ht. CI

#joybiz
Joybiz




0 Response to "Believe & Sukses Anda"